Bagi saya, blog merupakan gubuk kecil saya di dunia maya.

Dengan adanya blog, saya bisa berbagi pengalaman atau hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca. Meskipun pembaca blog saya sedikit tetapi ndak papalah, yang penting ada yang membaca walaupun satu orang, hehehe.

Selain digunakan untuk berbagi pengalaman, banyak yang memanfaatkan blog untuk ladang penghasilan tambahan, sarana berjualan online, dan lain sebagainya. Jika anda membaca artikel berikut ini, mungkin anda merupakan salah satu orang yang sedang mencari tutorial cara membuat blog dengan mudah dan gak pakek ribet.

Melalui artikel berikut, saya akan berbagi panduan lengkap cara membuat blog yang cocok sekali bagi pemula. Tenang saja, meskipun tulisan saya ini seperti cakar ayam, saya akan berusaha menyajikannya sebaik dan sedetail mungkin.

Baca juga: cara download video youtube

Terdapat puluhan platform untuk membuat blog. Maka dari itu, terlebih dahulu anda harus memutuskan platform mana yang ingin anda gunakan, entah itu wordpress, blogger, tumblr, jimdo, webs, squidoo, atau lain sebagainya.

Kalau menurut saya, platform yang paling populer, mudah, dan cocok sekali bagi pemula adalah blogger. Lalu bagaimana langkah-langkah cara membuat blog di blogger? Yuuk simak langkah-langkahnya sebagai berikut :